About The Author

My photo
a girl who does stupid things sometimes so she has something to smile about when she's old.

Sunday 1 December 2013

TRAVEL AGENT

Hai hai J hari ini gue mau posting tentang  hal yang berkaitan erat dengan jurusan gue, pariwisata. Nah, disini, gua bakal member tahu, apa sih gunanya travel agent?
Well, duluu bgt, ada orang namanya Thomas Cook, nah. Orang ini yang mendirikan travel agent pertama di dunia, makanya dia dikenal dengan “bapak travel agent”. Tapi sayangnya, kesadaran orang akan travel agent dulu sangatlah minim. Kadang ada yang merasa, buat apa menghabiskan uang untuk ke trvel agent kalau bisa ngatur sendiri, ada juga yang bilang karena travel agent tempat- tempat wisatanya ditentukan sehingga kita tidak dapat bebas kesana kemari.
Ya, ga salah sih. Tapi, dengan ke travel agent, lu bisa sedikit tenang dengan masalah hotel, transport, makan dan tempat hiburan tertentu. Nah, jaman sekarang, travel agent lagi besar-besarnya. Karena tidak hanya dalam negeri saja, tetapi paket wisata ke luar negeri juga di buat oleh beberapa travel agent. Nah, dulu ada yang bilang, paket wisata itu ditentukan. Ga juga sih sebenernya. Ada yang namanya, Tailor Made Tour. Tailor Made Tour merupakan paket wisata yang dirancangtravel agent, sesuai dengan keinginan konsumen, jadi kalau mau ke 5 tempat dalam sehari bisa. Tinggal sebut objek wisata nya dan travel agent akan dengan senang hati mengatur nya.
Nih, beberapa review gue antara “ngurus sendiri” dan “datang ke travel agent”
NGURUS SENDIRI
Kadang wisatawan yang mengurus sendiri wisatanya itu suka ga booking tempat. Jadi kadang wisatawan ada yang ga dapet tempat/seat di transport.. selain itu juga, wisatawan kurang mengetahui hotel- hotel yang sesuai, dia juga ga tau waktu tempuh dan kadang karena sibuk ngurusin ini itu, dia ga bisa bikin rancangan kegiatan wisata/itinerary dan akhirnya wisata jadi kacau. Selain itu, wisatawan yang sibuk ini itu jadi ga bisa santai dan cenderung lelah.
Sedangkan, kalau pake TRAVEL AGENT
Kalau pake travel agent, transport ok, akomodasi sudah pasti ter-urus, itinerary udah ada pastinya. Daftar objek- objek wisata ok, dan rute-rute nya jelas. Dan segala keperluan udah di urus sama travel agent, kaya visa gitu-gitu, itu udah di urus travel agent. Alhasil, wisatawan dapat relax.
Nah, udah pada tau kan kekurangan kelebihannya? Makanya, travel agent itu penting peranannya. Karena, ga semua orang punya waktu buat ngurusin ini itu. Jaman sekarang, kebanyakan cuma mau ngasi duit trus pergi. orang- orang yang seperti itulah yang cocok pake jasa pariwisata ini..


Apa aja sih travel agent yang terpecaya?
banyak sih travel agent yang bagus- bagus.. tapi travel agent yang udah mendarah daging di masyarakat indonesia itu: Panorama, Smailing, Wita, Pana, Vaya, Panen tour, Bayu Buana, Galileo dan Avia. travel agent itu sih yang sering dipake. tapi yaaaa kadang orang- orang pake travel agent kecil juga, jadi yaa sama ajalah ya :D

okeee, sekiaaaaaan~

No comments:

Post a Comment